5 Kota yang Dinobatkan UNESCO Sebagai Kota Terunik di Dunia

Dengan geografis, kota adalah lokasi yang lebih kecil dari satu propinsi. Tetapi sentra peradaban senantiasa berlangsung di kota. Kota adalah sentra dari semua jenis aktivitas manusia. UNESCO beberapa waktu terakhir mengambil keputusan sebagian kota terunik serta teraneh didunia.


Selanjutnya Jedug bakal mengulasnya dalam 5 Kota yang Dinobatkan UNESCO Menjadi Kota Terunik

1. Kota Mount Isa, Queensland, Australia


Merupakan Kota paling luas di dunia

Kota paling luas dinobatkan pada kota Mount Isayang terdapat di barat laut Queensland, Australia. Luasnya mencapai nyaris 41 ribu km. persegi dengan mempunyai jalan raya kota selama 189 km, yang disebut jalan raya kota terpanjang didunia.

Mount Isa merupakansatu kota pertambangan yang berada di 800 km di timur Townsville, Queensland, Australia. Masyarakatnya berjumlah sekitar 25.000 jiwa di kota serta 36. 000 di distriknya, Mount Isa adalah sentra administratif yang perlu untuk tempat ini.

2. Kota Hum, Kroasia


Merupakan kota paling kecil di dunia

Baik dalam soal ukuran kota ataupun jumlah masyarakat? Tersebut kota Hum yang terdapat di Kroasia dengan jumlah masyarakat cuma 23 orang. Kota bau tanah ini dibangun pada th. 1102 yang terlebih dulu berjulukan Cholm, yang masih tetap mempunyai arsitektur gedung pada zaman masa pertengahan.

Kota ini terdapat di ketinggian 349 m. Terkecuali diputuskan oleh UNESCO jadi kota paling kecil, kota ini memegang rekor kota paling kecil didunia dalam Guinness World Record.

3. Kota Yerikho, Arab


Merupakan kota tertua di dunia

Yerikho adalah satu kota yang terdapat Pinggir Barat, Governorat Yerikho, di erat Sungai Yordan. Sekarang ini Yerikho mempunyai populasi sebesar 25. 000 orang Palestina serta Israel. Walikota kota ini adalah Hassan Saleh, seseorang bekas pengacara.

Diakui kalau Yerikho adalah kota tertua didunia, Arkeolog sudah menggali puing-puing lebih dari 20 penghunian berurutan di Yerikho. Desa pertama ditempat ini diketemukan oleh arkeolog di Yerkiho yang berumur 200 th. lebih bau tanah dari pada di daerah yang lain. Tiga pemukiman berlainan sudah berada di erat lokasi itu sepanjang lebih dari 11. 000 th. (sekitaran th. 9000 SM) , nyaris pada permulaan masa Holocene dalam histori dunia. Tempat itu sekitaran rute utara dari Laut Mati.

Yericho digambarkan dalam Bibel Ibrani jadi " Kota Pohon Palem " . Banyak sumber-sumber air didalam serta sekitaran kota ini menarik beberapa orang untuk menempatinya sepanjang beberapa ribu th.. Di kenal dalam kebiasaan Yudeo-Kristen jadi tempat terjadinya Pertempuran Yerikho yang meyakinkan penghunian orang Israel di tanah Kanaan waktu sampai disana sesudah keluar dari Mesir, dibawah pimpinan Yosua bin Nun, pengganti Musa.

4. Kota Potosi, Bolivia

Dinobatkan jadi Kota teratas di dunia

Potosí adalah ibukota Departemen Potosí di Bolivia. Kota ini adalah satu diantara kota teratas didunia, dengan ketinggian sekitaran 4, 090 mtr. (13, 420 ft) .

Potosí ada di kaki Cerro de Potosí-gunung yang menguasai kota ini serta adalah tempat pertambangan perak sepanjang periode penjajahan Imperium Spanyol. Perak yang ditambang diangkut oleh llama ke pantai samudra Pasifik, di kirim ke Kota Panama, dibawa menyeberangi tanah genting Panama ke Nombre de Dios atau Portobelo sebelumnya diangkut ke Spanyol.

5. Kota Hong Kong, Hong Kong

Dinobatkan jadi Kota dengan gedung pencakar langit paling banyak dunia

Hong Kong adalah kota yang terdapat di untuk an tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari serta Laut Tiongkok Selatan. Hong Kong populer dengan perubahannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, serta kepadatan masyarakat yang begitu tinggi (sekitaran 7 juta jiwa pada lahan seluas 1, 104 km2 (426 sq mi) .

Sesudah kekalahan Tiongkok di Perang Opium Pertama (1839–42) dari Kerajaan Inggris, Hong Kong jadi koloni Inggris dengan diserahkannya Pulau Hong Kong, lalu dibarengi Semenanjung Kowloon th. 1860 serta penyewaan 99 th. New Territories th. 1898. Sesudah diduduki oleh Jepang sepanjang Perang Dunia II (1941–45) , Inggris kembali mengontrol Hongkong sampai 30 Juni 1997. Jadi hasil dari negosiasi pada Tiongkok serta Inggris, Hong Kong diserahkan ke Republik Rakyat Tiongkok lewat Deklaratasi Dengan Sino-Inggris th. 1984. Kota ini jadi Daerah Administratif Spesial pertama di Tiongkok lewat asas " satu negara, dua system " .

Terbatasnya lahan menyebabkan infrastrukturnya padat dengan arsitektur moderen, menyebabkan Hong Kong jadi kota paling vertikal didunia. 1819 Hong Kong mempunyai jaringan transportasi umum yang begitu baik, serta 90% masyarakat memakai transportasi massal, baik kereta ataupun bus.  

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top