5 Teknologi Canggih yang Telah Diramalkan oleh Ilmuwan Sebelumnya

Jendela Dunia |


Keberadaan teknologi canggih dikala ini memang bukan hal yang tiba-tiba , namun kedatangannya ternyata telah diprediksi oleh para ilmuwan sebelumnya. Mereka melontarkan steatment tentang teknologi dan gres terbuki beberapa puluh tahun setelah steatment itu dibuat.


Berikut serupedia akan membahas 5 Teknologi Canggih yang Telah Diramalkan oleh Ilmuwan Sebelumnya. Selamat menyimak !


1. Televisi Kabel oleh Roger Ebert

Pada tahun 1978 , stasiun televisi sedang menjadi hiburan primadona. Kala itu internet tidak bisa dimiliki semua orang , menyerupai layaknya sekarang. Namun , kala itu ada seorang pria yang berhasil memprediksi menyerupai apa keadaan pertelevisian di masa depan.

Roger Ebert , seorang kritikus film pernah mengatakan dalam sebuah wawancara , “Kita akan memasuki kala dimana TV memiliki kualitas gambar terbaik (high definition) dan anda hanya perlu menekan satu tombol untuk menonton film apa yang anda inginkan. Anda tidak perlu menyewa kaset video atau mencari rekaman film. Semua orang dari desa sampai ke kota akan menikmati kualitas tayangan yang sama.” Dan di tahun 2000-an kata-kata Ebert tersebut menjadi kenyataan.

2. Wifi dan skype oleh Nikolas Tesla

Penemu sekaligus insinyur yang merupakan wargar Amerika keturunan Serbia ini dijuluki sebagai "Manusia Pencipta Abad Ke-20". Hal tersebut bukannya tanpa alasan , Tesla terkenal yang terkenal alasannya jasanya dalam pengembangan sistem modern pasokan listrik ini pada tahun 1909 pernah diwawancarai New York Times. Pada dikala itu , Tesla mengungkapkan perihal gagasan dan ramalan perihal masa depan teknologi. 

Menurutnya , di masa depan nanti orang-orang akan mudah mengirim pesan nirkabel ke seluruh dunia sehingga siapapun bisa membawa dan mengoperasikan perangkatnya sendiri. Hal tersebut tentunya sesuatu yang sangat mengejutkan , alasannya menyerupai yang kita tahu telepon gres diperkenalkan pada tahun 1973 dan Wi-Fi gres muncul pada tahun 1991. 

Dan anehnya lagi , pada tahun 1926 Tesla juga meramalkan perihal Skype dan panggilan video , dikala itu beliau mengatakan di masa depan melalui televisi dan telepon kita bisa  saling bertatap muka walaupun terpisah jarak ratusan mil jauhnya. Berkat jasanya tersebut , pada tahun 2013 dibuatlah sebuah patung untuk mengenang Nikola Tesla di San Francisco. Uniknya patung ini dapat memancarkan Wi-Fi gratis untuk semua orang sesuai dengan angan-angannya dulu.

3. Kecerdasan Komputer pada Mesin/Komputer oleh Ray Kurzweil

Ray yakni seorang ilmuwan yang menulis banyak novel-novel saintifik. Dia juga menemukan banyak penemuan penting menyerupai software pembaca teks , sampai software pendeteksi bahasa. Ray juga menulis sedikitnya lima novel best seller.

Uniknya , dalam novel-novel tesebut , Ray memprediksikan banyak hal. Dia memprediksikan hancurnya negara Uni Soviet pada tahun 1991. Dia juga memprediksikan bahwa akan ada komputer yang mengalahkan insan dalam bermain catur , dan ini terjadi pada tahun 2000. Dia juga memprediksi adanya E-book , software pendeteksi wajah dan teknologi nano. 89 dari 108 prediksi yang dibuat Ray telah terbukti benar.

Anda boleh percaya atau tidak , namun orang-orang di atas memiliki bukti otentik atas prediksinya. Bisa jadi mereka memprediksi itu dengan landasan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Atau hanya mengandalkan intuisi yang cukup kuat.

4. Kamera ponsel dan webcam oleh John Elferth Watkins

Watskins yakni seorang pekerja insinyur teknik sekaligus kurator dari Smithsonian Institute. Pada tahun 1900 beliau menulis sebuah artikel di Ladies Home Journal dengan judul “Apa yang Mungkin Terjadi dalam 100 Tahun Mendatang”. Dalam artikel ini Watkins menuliskan banyak prediksi , baik perihal hal kecil maupun hal-hal besar.

 “Orang-orang akan melihat seluruh dunia , insan dan benda akan dibawa dalam sebuah fokus kamera yang terhubung secara elektrik dengan jarak ribuan mil jauhnya.” Penemuan yang dimaksut yakni temuan menyerupai web-cam atau kamera ponsel. Selain itu , Watkins juga memprediksikan bahwa insan akan terbiasa membawa makanan yang bisa dimasak dalam waktu singkat , yang pada zaman sekarang kita kenal dengan makanan instan.

5. Nanoteknologi oleh Richard Feynmen

Nanoteknologi yakni segala teknologi masa depan yang memungkinan insan memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom! Nanometer sendiri yakni ukuran 1/semilyar meter , atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000. Itulah kedahsyatan teknologi nano. Dan hal ini telah diramalkan oleh fisikawan kondang Richard Feynmen.

Tujuannya yakni menciptakan material-material gres masa depan , bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih besar lengan berkuasa dari intan , super ringan , tahan panas dan hambar dengan skala yang ekstrim , bisa menghantarkan listrik lebih baik , lebih tahan lama , ramah lingkungan dan seterusnya.

Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan kalau kita bisa menciptakan banyak sekali material gres yang lebih keras dari intan , dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes , sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super besar lengan berkuasa untuk kendaraan beroda empat , pesawat terbang , atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan , semua kendaraan beroda empat dan pesawat juga akan lebih hemat energi.



Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top