5 Hal Mengerikan Jika Bumi Tiba-tiba Berhenti Berputar

Jendela Dunia |


Apa saja hal-hal yang terjadi kalau bumi berhenti berputar? Pada hakikatnya bumi berputar secara berkelanjutan guna menghasilkan energi yang membantu insan dan objek lain di bumi tetap dapat berpijak di tempatnya. Bumi diketahui berputar dengan kecepatan 1600 km/ jam. Dari hasil eksperimen yang dilakukan para hebat didapati kecepatan rotasi bumi tersebut mengalami perlambatan 2 detik setiap 100 ribu tahun. Hal ini berarti ada kemungkinan bumi akan berhenti berputar. 



Pernahkah pecinta kumpulan misteri membayangkan hal apa saja yang akan terjadi kalau bumi berhenti berputar? Berikut 5 diantaranya: 

1. Kesalahan Navigasi

Selama ini navigasi pesawat menggunakan GPS dengan perlindungan dari satelit. Satelit sendiri berputar mengikuti rotasi bumi. Sehingga adanya perlambatan atau bumi yang malah berhenti berputar akan menyebabkan satelit keliru memperlihatkan posisi pesawat. Alhasil pesawat udara akan mendarat di tempat yang salah. Singkatnya akan terjadi banyak kecelakaan pesawat alasannya yaitu kesalahan navigasi.

2. Pertambahan Durasi Hari

Hal lain yang akan terjadi yaitu pertambahan durasi hari. Adanya perlambatan rotasi bumi menyebabkan hari bertambah panjang yang berarti 1 hari bukan lagi 24 jam. Kondisi ini tentunya menyebabkan siang hari berlangsung lebih lama dibanding malam hari di suatu tempat , dan sebaliknya malam hari akan berlangsung lebih lama dibanding siang di tempat lain.

3. Banjir Dahsyat

Bentuk bumi tidaklah bundar tepat , melainkan sedikit melebar di adegan khatulistiwa. Hal ini alasannya yaitu rotasi bumi. Adapun adegan yang melebar sesungguhnya yaitu laut yang terkumpul pada garis khatulistiwa. Jika bumi berhenti berputar , laut di khatulistiwa akan mengalir ke arah kutub dan menyebabkan banjir dahsyat di Eropa dan tidak terkecuali di Indonesia.

4. Naiknya Tekanan Udara

Selain air laut yang naik ke kutub , akan terjadi pula kenaikan tekanan udara secara drastis. Kondisi ini mampu menyebabkan pecahnya paru-paru insan yang tinggal di adegan khatulistiwa. Sebaliknya di adegan kutub utara dan kutub selatan akan mencicipi udara tipis menyerupai halnya di pegunungan , sehingga terasa sesak dikala bernapas.

5. Aktivitas Geologi Ekstrim

Hal lain yang akan terjadi kalau bumi berhenti berputar yaitu adanya acara geologi yang esktrim. Gunung berapi yang semula hening mampu meletus dan juga terjadi gempa bumi luar biasa. Hal ini dipicu alasannya yaitu adanya tabrakan yang timbul akhir perlambatan lapisan bumi yang berbeda.

Hal-hal yang terjadi kalau bumi berhenti berputar menyerupai yang disebutkan di atas sesungguhnya merupakan gambaran sederhana dari tamat kehidupan di hampir seluruh adegan bumi. Sebenarnya kalau ditelusuri , hal pertama yang akan terjadi kalau bumi berhenti berputar yaitu badan insan yang akan terbang dengan kecepatan mencapai 465 m/s. Tentu kecepatan yang sangat tinggi yang akan membuat badan insan terpecah menjadi bongkahan kecil hanya dalam waktu singkat.

Namun , semua hal yang terjadi tersebut bukan tamat dari semuanya. Masih ada kemungkinan insan atau makhluk hidup yang akan selamat. Khususnya mereka yang berada di tempat kutub atau ujung bumi. Mengapa demikian? Gaya lempar di kedua ujung bumi baik selatan atau utara didapati tidak begitu terasa dibanding dengan gaya lempar yang akan dialami insan yang tinggal di adegan khatulistiwa. Namun , lagi-lagi mereka yang tinggal di kutub kemungkinan dilanda banjir dahsyat menyerupai yang sudah disebutkan di atas.

Sumber : livescience 

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top