Metaflex : Jubah Kamuflase Masa Depan

Jendela Dunia |


Pernah melihat film Harry Potter? Kalo sudah , ada satu episode yang cukup menarik , yakni dikala harry potter memakai jubah sumbangan ayahnya ia tidak terlihat oleh orang-orang sekitar. Inilah yang kita kenal dengan kamuflase. Walau itu sebuah fiktif dan terjadi dalam sebuah film , Tapi baru-baru ini ilmuwan didunia sedang mencoba untuk membuat alat ibarat itu. Berikut penelusuran serupedia.




Metaflex Future Camouflage ialah alat yang sedang dikembangkan itu. Ilmuwan Skotlandia membuatkan kamuflase dengan menciptakan bahan yang disebut Metaflex. Materi ini saperti jubah menghilang Harry Potter.

Pemakaiakan menjadi tak tampak alasannya bahan Metaflex membengkokkan cahaya dikala hingga di permukaannya. Jubah hilang ini diuji tahun ini dan berpotensi dapat digunakan sebagai senjata pertahanan.

Jubah diperlukan di masa depan dapat menunjukkan jalan untuk memproduksi kain yang dapat memanipulasi cahaya.Metamaterial telah dikembangkan untuk membelokkan dan menyalurkan cahaya sehingga objek dapat tidak terlihat pada panjang gelombang yang lebih jauh.

Cahaya yang dapat terlihat menunjukkan tantangan yang lebih besar alasannya panjang gelombangnya yang pendek menimbulkan atom metamaterial haruslah sangat kecil. 

Sejauh ini atom yang kecil dan membelokkan cahaya hanya dapat dibuat di permukaan yang rata dan keras , dan tidak cocok digunakan pada pakaian. Tetapi ilmuwan dari University of St Andrews di Skotlandia percaya bahwa mereka telah memecahkan problem ini.

Mereka telah menghasilkan `membran` metamaterial yang fleksibel menggunakan teknik yang membebaskan meta-atom dari permukaan keras dimana mereka terbentuk. Metaflex dapat beroperasi pada panjang gelombang sekitar 620 nanometer , atau sekitar sepanjang panjang gelombang cahaya tampak.

Dari Berbagai Sumber

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top