Cara Cepat Menjadi Pintar

Jendela Dunia |

Menjadi orang yang pintar memang bisa diupayakan. Caranya yaitu dengan selalu melatih otak dan menjaga dari konsumsi makanan yang salah. Kepintaran seseorang memang bisa selalu ditingkatkan asal ada kemauan.


Berikut serupedia akan mengulas Cara Cepat Menjadi Pintar. Semoga bermanfaat. 

1. Tarif Nafas Dalam-dalam

Dengan bernafas melalui hidung Kamu bisa meningkatkan fungsi otakmu dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memperlihatkan asupan oksigen lebih banyak pada darahmu , dan tentunya pada otakmu. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otakmu. 

Cara yang sering dilakukan untuk membuatkan kecerdasan melalui tarikan nafas , bisa dilakukan dengan metode meditasi pernafasan. Praktik meditasi pernapasan ini dilakukan dua kali sehari. Waktu yang sempurna untuk melakuakan meditasi pernapasan antara pukul 06.00-14.00 dan 18.00-02.00. 

Setiap melaksanakan meditasi pernapasan selama 30 menit dan sambil mendengarkan iringan musik meditasi pernapasan yang telah diprogram , dengan headphone atau lewat bunyi samar dari loudspeaker. CD Program meditasi pernapasan ini akan memperlihatkan arahan hitungan tetapi dapat juga melakukannya tanpa mendengarkan CD meditasi diganti dengan membuat arahan hitungan sendiri.

2. Buatlah Jurnal

Catharine M. Cox , seorang penulis buku , pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – ibarat Isaac Newton , Einstein , dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga , ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan , surat , dan aliran pribadinya dalam ratusan jurnal langsung sepanjang hidupnya.

Kecerdasan emosional yaitu kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi. Buku harian merupakan wadah yang sempurna untuk menuangkan emosi dan meningkatkan kesadaran diri.

Ada kekerabatan yang unik antara tangan dan otak , ini juga dipicu oleh penggabungan pikiran dan ide. Kata-kata merupakan representasi dari ide-ide , dan apa yang ditulis dalam buku harian dapat memperkuat isu yang sebelumnya tertutup.


3. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula

Karbohidrat dalam bentuk apapun – ibarat pasta , roti putih dan keripik kentang – dapat membuat Kamu merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah Kamu untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

Ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi gula , sistem pengendali metabolisme glukosa pada otakmu akan rusak , dan itu berarti mengambarkan adanya kerusakan pada otakmu. Alasan lainnya yaitu gula yang dikonsumsi bisa menimbulkan seseorang menjadi malas , dan karena malas inilah otak menjadi tidak bisa berpikir dengan baik.

Kerusakan pada otak yang disebabkan terlalu banyak makan gula akan kau rasakan dampaknya pada jangka waktu panjang. Suatu dikala nanti kau akan menjadi pelupa karena terlalu banyak mengkonsumsi gula.

4. Latih Semua Indramu

Para ilmuwan menemukan bahwa otak insan mencar ilmu paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak sekali indra. Anak-anak dan orang remaja mencar ilmu sangat baik ketika mereka mencar ilmu melalui acara yang melibatkan penglihatan , bunyi , emosi , timbale balik , orientasi ruang , dan bahkan indra lidah dan perasa.

Mike Adams , seorang penulis buku , menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara lisan memperoleh isu mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot” , anda memperlihatkan isu kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan kalau anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara , pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

5. Konsumsilah Antioksidan

Antioksidan melindungi sel-sel tubuhmu , termasuk sel otakmu. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis , bluberry , blackberry , bawang putih , cranberry , strawberry , apel , bayam , dan raspberry.

Buah berry ibarat stroberi , blackberry , raspberry , blueberry , dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry , terutama vitamin C , memiliki tugas untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top