Beberapa Fakta Aneh Bilangan Phi 314 yang Tak Banyak Diketahui

Jendela Dunia |
Tanggal 14 Maret (14/3) yaitu hari perayaan sebuah bilangan yang terkenal dalam matematika. Yakni bilangan phi 3 ,14. Perayaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988 yang dicetuskan oleh ilmuwan Fisika berjulukan Larry Shaw di San Fransisco , Amerika Serikat.  Hal ini kemudian menjadi tradisi tahunan yang diselenggarakan di Amerika Serikat , dan pada Maret 2009 Dewan Perwakilan Amerika Serikat mengeluarkan Resolusi yang menyatakan bahwa tanggal 14 Maret ditetapkan sebagai hari Phi Nasional.



Berikut serupedia akan mengulas perihal fakta gila seputar bilangan phi yang selama ini jarang diketahui.

1. Sebelumnya angka 3 ,2 akan ditetapkan sebagai angka phi

Pada tahun 1897 , Majelis Indiana akan mengesahkan angka 3 ,2 sebagai angka phi yang dicetuskan oleh matematikawan amatir ketika itu.  Untungnya , seorang matematikawan cerdas dari Purdue University , yang kebetulan mengunjungi legislatif pada ketika itu , campur tangan dan mencegah terjadinya penetapan undang-undang tersebut.

2. Bilangan Phi bahwasanya tidak Rasional

Phi bahwasanya dikenal sebagai bilangan yang tidak rasional sebab tidak dapat ditulis sebagai rasio atau serpihan sederhana. Sementara 22/7 yang dianggap bersahabat pun bahwasanya itu tidak tepat. Karena mengandung jumlah bilangan yang sangat panjang kalau dipecahkan.

3. Memiliki Ribuan digit

Saat ini matematikawan mendefinisikan bilangan phi yaitu 3.14159 , beberapa yang super cerdas mampu menghafal nilai pi ke puluhan ribu digit. Menurut Daftar Pi Peringkat Dunia , Chao Lu memegang rekor dunia dengan 67.890 digit.

4. Bilangan Phi menginspirasi musik

Musisi Austria , Michael John Blake , menciptakan representasi musik dari phi (video di bawah) ke 31 daerah desimal di 157 denyut per menit (yang , ternyata , yaitu 314 dibagi dua).

referensi dari youtube dan mnn.com

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top