7 Pendiri Situs Web yang Paling Berpengaruh di Dunia

Jendela Dunia |

Keberadaan situs web ketika ini memang telah banyak merubah peradaban umat manusia. Seiring berkembangnya dunia internet yang semakin pesat , banyak orang berlomba-lomba mendirikan situs web. Dari sekian banyak yang mendirikan , lahirlah tokoh-tokoh di bidang ini yang kuat dan disegani.

Berikut serupedia akan mengulas 7 Pendiri Situs Web yang Paling Berpengaruh di Dunia

1. Ben Rattray - Change.org


Ben yakni pendiri situs Change.org. Ini yakni situs yang mewadahi banyak sekali organisasi untuk menyalurkan aspirasi mereka secara bebas namun bertanggungjawab.

Organisasi menyerupai Amnesty International dan Humane Society membayar situs tersebut utuk melaksanakan kampanye perubahan sosial.

Jutaan orang juga mengakses situs untuk menandatangani banyak sekali petisi online dengan tema bermacam-macam. Dari soal lingkungan , kesehatan hingga makanan.

2. Salman Khan - khanacademy.org


Salman yakni pelopor khanacademy.org , sebuah platform pendidikan online gratis dan organisasi nirlaba. Misi Khan melalui situs itu yakni menunjukkan pendidikan berkualitas dunia pada semua anak secara gratis.

Khanacademy memiliki sekitar 3000 kursus singkat yang mampu diakses anak-anak. Mereka mampu mencar ilmu secara berdikari di sini.

Berkat inisiatif positifnya tersebut , Khan telah meraih banyak sekali penghargaan bergengsi. Seperti Microsoft Tech Award for Education.

3. Pete Cashmore - Mashable


Di usia 19 tahun , Pete mendirikan blog teknologi Mashable. Saat ini , Mashable telah bermetamorfosis menjadi salah satu media teknologi paling berpengaruh.

Mashable memberitakan hampir segala hal yang bekerjasama dengan teknologi dan punya banyak pengakses. Seperti gadget , media umum dan bisnis.

Nama Pete pun melambung. Dia sebelumnya telah masuk dalam banyak sekali daftar bergengsi , menyerupai Top 25 Web Celebs versi Huffington Post.

4. Jack Dorsey - Twitter


Kini jejaring Twitter tentu tak absurd lagi bagi banyak orang. Dengan kelebihannya yang praktis dalam memberikan informasi sebanyak kurang dari 140 abjad , twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling populer ketika ini. 

Twitter didirikan oleh Jack Dorsey dibantu oleh dua orang temannya , Biz stone dan Evan Williams. ketika usianya gres 24 tahun , Jack ingin membuat sebuah jejaring sosial dimana Ia mampu menyebarkan kabar dengan teman-temannya secara cepat. Twitter pun semakin terkenal dengan variasi pengguna mulai dari dewasa , artis , penulis , hingga media cetak dan banyak sekali brand produk terkemuka.

5. Mark Elliot Zuckerberg Facebook


Siapa yang tak kenal Zuckerberg dan hasil karyanya , Facebook. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg ketika ia masih berstatus mahasiswa! Berawal dari sebuah network project , Mark yang dibantu tiga orang temannya berhasil menciptakan social network yang beranggotakan bawah umur kampusnya di Harvard. 

Dalam hitungan bulan facebok meluas ke kampus-kampus lain menyerupai MIT , NYU , Boston Univeristy , dll hingga hasilnya resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat luas. Hanya empat bulan setelah diluncurkan facebook meraih keuntungan sebesar 1.5 milyar US dollar atau Rp. 13 Triliun , yang membuat Mark menjadi milyarder termuda di dunia.

6. Charles Mullenweg – WordPress


Ia yakni pendiri sekaligus pengembang situs blogging wordpress. Ide untuk membuat wordpress didapatnya ketika usianya gres 18 tahun (2002) , tetapi gres pada usia 19 tahun Matt dan rekannya , Mike Little , mulai mengembangkan coding wordpress. 

Walaupun di drop out (DO) dari kampusnya , Matt berhasil menandakan bahwa Ia mampu menjadi pengusaha muda dan sukses. Pada awal tahun 2009 Matt Mullenweg pernah berkunjung ke Indonesia untuk menjadi tamu utama dalam program Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

7. Larry Page dan Sergey Brin – Google Inc


Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat , berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View , California , dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan menyerupai "Don't be evil" , dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan" , menggambarkan budaya perusahaan yang santai.

Google. didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham langsung pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004 , mengumpulkan dana $1 ,67 miliar , menjadikannya bernilai $23 miliar. 

Melalui banyak sekali jenis pengembangan produk gres , pengambil alihan dan mitra , perusahaan ini telah memperluas urusan ekonomi pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya , termasuk email berbasis web , pemetaan online , produktivitas perusahaan , dan bertukar video.

Dirangkum dari banyak sekali sumber

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top