5 Cara Tetap Fit Berpuasa Walau Kamu Tidak Sahur

Jendela Dunia |


Berpuasa memang sangat membutuhkan energi untuk mampu finish sampe azan magrib. Seharian kita bakal nahan haus dan dahaga. Jika kau sahur maka hal itu enggak akan terasa berat kau lalui. Namun masalahnya kalau kau enggak sahur alasannya ialah faktor tertentu kaya disengaja males berdiri atau kesiangan gara-gara semalam begadang.

gambarnya dari http://www.bawahlaci.com/

Nah kali ini serupedia akan memberi kau tips yang kebeneran kau melewatkan puasa hari ini tanpa sahur. Semoga tips ini mampu membuat kau tetep semangat dan fit dalam menjalankan ibadah ini.

1. Kuatkan niat kau untuk berpuasa

Walau kau enggak sempat buat makan sahur–dan bukan alasannya ialah disengaja atau kesiangan , kuatkan niat kau untuk mampu terus berpuasa seharian. Tanamkan dalam pikiran kau kalo kau bakal tetap baik-baik saja dan tetap mampu menjalankan ibadah puasa meskipun enggak makan sahur. 

Mungkin nantinya kau bakal ngerasa lelah , lemas , atau haus sepanjang hari nanti. Tapi dengan niat yang teguh , kau pasti pasti mampu menjalani ibadah puasa dengan optimal.

2. Perbanyaklah ibadah

Ini ialah tips yang paling ampuh yang pernah mimin rasain. Daripada terus-terusan berkeluh kesah atau ngerasa menyesal dikarenakan telah melewatkan makan sahur , lebih baik gunakan waktu yang kau punya dengan melaksanakan lebih banyak ibadah. 

Ibadah di sini bukan hanya sebatas membaca kitab suci atau shalat saja , tetapi juga melaksanakan kebaikan-kebaikan lain menyerupai berinfak atau menolong orang yang sedang kesusahan. Selain mampu bikin puasa kau mampu dilalui , kau juga bakal dapet pahala yang berlipat.


3. Atur Jadwal Kegiatan secara benar

Kamu mampu coba atur kembali jadwal aktivitas harian yang kau udah buat sebelumnya. Perkirakan lagi apakah dirikamu mampu ngelaluin semua aktivitas kau dengan baik , tanpa harus merasa lelah berlebih atau pusing.

4. Cari Kesibukan yang bikin lupa dengan haus dan dahagamu

Saat rasa lapar dan haus datang , ini ialah ujian terberat buat kamu. Dan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar tersebut ialah dengan mengalihkan fokus kau terhadap sesuatu. 

Carilah kesibukan yang ngebuat pikiran kau enggak terus terfokus pada makanan atau minuman. Dan juga hindarkan pandangan kau dari makanan atau minuman yang menarik hati , kayak es kelapa muda , orson , coca-cola dll. Daripada hanya tidur , waktu kau bakal jadi lebih produktif ketika kau mampu melaksanakan sesuatu dan mencari kesibukan.

5. Dan tetaplah tersenyum manis

Rasa lapar yang kau rasain ini mungkin enggak ada apa-apanya dibandingin orang lain yang kesusahan dan sering kelaparan selama berhari-hari. Tersenyumlah dan ambil saja hikmahnya , rasa lapar kau mampu berbuah pahala kalau kau mampu bersabar menghadapinya.

Makan sahur itu memang menunjukkan pahala tersendiri. Tapi kalo kita enggak sengaja melewatkan makan sahur , enggak perlu berkecil hati alasannya ialah masih ada banyak kebaikan dan kesempatan kita untuk berburu pahala di bulan yang suci ini.

Semangaaatttttt ....

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top