5 Alasan Mengapa Bahasa Indonesia Pantas Menjadi Bahasa Internasional

Jendela Dunia |

Sebagai bangsa Indonesia tentunya kita patut besar hati memiliki bahasa sendiri yakni bahasa Indonesia. Menurut Profesor Dr Handayani , seorang Guru Besar Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) , Bahasa Indonesia punya potensi digunakan sebagai bahasa internasional , pasalnya ketika ini bahasa Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. beberapa diantaranya ialah Australia , Jepang , Vietnam , Mesir , dan Italia. hal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.


Berikut serupedia akan mengulas tentang 5 Alasan Mengapa Bahasa Indonesia Pantas Menjadi Bahasa Internasional

1. Bahasa Indonesia ialah bahasa yang unik

Meski berasal dari Melayu , namun bahasa indonesia punya karakteristik yang berbeda , baik dari susunan kata maupun pengucapannya. Malaysia juga terkenal dengan bahasa Melayu-nya , meski aksen dan artinya hampir ibarat , bahasa indonesia lebih enak didengar dan dimengerti alasannya bahasa indonesia merupakan bahasa satu-satunya di dunia. Misalnya : berputar (indonesia) , pusing-pusing (Malaysia) yang dalam bahasa indonesia pusing artinya ialah sakit kepala.

2. Bahasa Indonesia ialah bahasa yang sangat kaya

Jika diurutkan sejarah , ibarat diketahui bahasa Melayu ialah bahasa pasar. Bahasa pasar tercipta dari gabungan bahasa-bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia yang dulu sempat singgah di Melayu. Karena pada awalnya bahasa indonesia ialah bentukan dari bahasa pedagang dari seluruh dunia , maka bahasa indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia. Penambahan kosakata gres , baik diserap dari bahasa absurd maupun dari bahasa daerah , hingga pada kesannya ejaannya disempurnakan. Proses itulah yang menjadikan bahasa indonesia begitu kaya.

3. Bahasa Indonesia ialah bahasa yang Sopan 

Dalam sejarah tertuliskan bahasa indonesia berasal dari bahasa Melayu Riau. Menurut buku yang ditulis Jan Huygen dalam bukunya Itinerario disebutkan bahwa bahasa Melayu terkenal dengan bahasa yang paling sopan di daerah timur. Meski bahasa Melayu dulu dan bahasa Indonesia kini sudah berbeda , tapi kebanggannya tetap sama alasannya hingga dengan ketika ini bahasa indonesia masih menjadi bahasa yang mulia.

4. Bahasa Indonesia ialah Bahasa paling mudah

Berbeda dengan bahasa absurd lainnya , bahasa indonesia merupakan bahasa yang mudah alasannya bahasa indonesia memiliki tingkatan kata atau kalimat yang sangat mudah dimengerti.  Setiap pengucapan kata/ kalimat untuk semua situasi , meskipun terjadi kemarin , sekarang ataupun lusa , kata yang digunakan tetap sama.

Contoh kalimat:

Kemarin :  Ibu membeli jeruk kemarin sore

Sekarang : Ibu membeli jeruk ketika ini

Dari kalimat diatas coba bandingkan dengan bahasa Inggris beriku ini

Kemarin : Yesterday my mother bought some oranges

Sekarang : My mother buy som oranges.

5. Bahasa Indonesia kian dikenal bangsa lain

Tak hanya di Indonesia , bangsa lain pun ternyata berminat berguru dan mengenal bahasa Indonesia. Australia contohnya , mereka tertarik dengan bahasa indonesia alasannya mengagumi budaya indonesia. Sebagai warga indonesia seharusnya kita besar hati dengan kekayaan leluhur , jadi kemungkinan bahasa indonesia nantinya dijadikan bahasa internasional mampu saja  terwujud.

Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top