10 Jurusan yang Alumninya Paling Mudah Mendapat Pekerjaan

Jendela Dunia |


Ada banyak faktor seseorang mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus dari akademi tinggi , bisa faktor kemampuan pribadi atau faktor lain di luar diri sendiri.


Kesesuaian latar belakang pendidikan Anda dengan tren karier yang berkembang belakangan juga bisa memengaruhi. Menurut survei yang dilakukan oleh Higher Education Statistics Agency di Inggris , menyerupai dikutip dari Telegraph dan kompas.com , ada 10 jurusan yang alumninya paling mudah memperoleh pekerjaan. Apa saja?

10. Fisika

Sekitar 89 ,9 persen dari seluruh sarjana Ilmu Fisika di rentang waktu 2010-2011 menemukan pekerjaan atau melanjutkan studi mereka paling lambat 6 bulan setelah lulus.

9. Matematika

Para lulusan Matematika terkenal banyak dicari di lapangan pekerjaan. Menurut survei ini , sebanyak 89 ,9 persen alumni jurusan Matematika yang lulus tahun 2010/2011 juga sudah menerima pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.

8. Sejarah dan Filsafat

Kehadiran dua jurusan ini dinilai mengejutkan. Pasalnya , sekitar 90 ,1 persen lulusannya juga telah menemukan pekerjaan atau meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi hanya dalam 6 bulan. Mereka kerap menyingkirkan pencari kerja lainnya dalam lapangan kerja umum , bahkan yang berasal dari jurusan Teknik , Arsitektur , dan Ilmu Komputer.

7. Bahasa

Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa abnormal merupakan kemampuan yang sangat berharga dalam bursa lapangan kerja cukup umur ini. Pada rentang waktu 2010/2011 , sekitar 90 ,3 persen lulusan Bahasa bekerja sesaat setelah lulus.

6. Biologi

Belajar Biologi tentu saja tak selalu harus di lapangan. Banyak bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan ini , apalagi yang terkait bioteknologi dan industri terkait yang kini tengah booming. Tercatat , sekitar 90 ,9 persen sarjananya segera memperoleh pekerjaan atau melanjutkan studi setelah lulus.

5. Pertanian dan jurusan lain yang terkait

Pertanian sering dianggap kurang elite dalam pendidikan tinggi. Namun , cukup umur ini , pertanian dan bidang lain yang terkait memiliki lapangan kerja yang luas dan ilmu yang memiliki kegunaan secara langsung. Setidaknya , sekitar 91 ,3 persen sarjana yang lulus pada tahun 2010/2011 menemukan bekerja hanya dalam enam bulan setelah lulus.

4. Hukum

Jika hanya diberi satu pilihan jurusan yang dijamin lulusannya bakal cepat bekerja dengan gaji yang sesuai pula , pastilah itu jurusan Hukum. Sudah bukan belakang layar lagi , para alumni lulusan ini mudah mencari kerja. Menurut survei , 91 ,9 persen lulusan Hukum di tahun 2010/2011 eksklusif bekerja setelah lulus.

3. Jurusan terkait obat-obatan

Lapangan pekerjaan jurusan yang terkait obat-obatan sangat luas , salah satunya saja biomedis serta neurologi. Sekitar 94 persen alumni jurusan ini cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus.

2. Pendidikan

Dengan pendidikan di kawasan kedua , survei ini makin menyampaikan kebutuhan yang besar akan guru. Menurut survei , sekitar 94 ,8 persen alumninya eksklusif bekerja sesaat setelah lulus dari akademi tinggi.

1. Kedokteran , Kedokteran Gigi , dan Kedokteran Hewan

Para lulusan dari jurusan ini memang dikenal cepat memperoleh pekerjaan begitu lulus. Survei menyampaikan sekitar 99 ,4 persen para lulusan kedokteran menerima pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.



Artikel Jendela Dunia Lainnya :

Scroll to top