Mengerikan, Ternyata Tungau Juga Bisa Hidup di Folikel Rambut Bulu Mata


Tahukah Anda bahwa tungau sangat sering ditemukan di karpet rumah Anda. Untuk bertahan hidup, hewan kecil ini menggigit dan menghisap darah siapapun yang berada di sekitarnya.

Dan ternyata tungau juga bisa hidup di folikel rambut, seperti bulu mata. Apakah hewan ini berbahaya?

Dilansir dari sebuah artikel di Huffingtonpost, Jumat (24/2/2017), tungau yang hidup di sekitar bulu mata adalah terdiri dari dua species mikroskopis. Keduanya adalah Demodex dan Demodex Brevis.

Menurut artikel di Huffingtonpost, tidak ditemukan data yang pasti berapa banyak orang yang pernah terserang tungau di bagian bulu matanya.

Namun, berdasarkan penilitian, tungau Demodex sangat jarang muncul pada bayi. Beberapa sampel dari remaja dan orang dewasa menunjukkan bahwa ada 70% hingga 100% dari mereka terserang tungau pada bagian bulu mata.

Disebutkan juga bahwa tungau ini kemungkinan besar tidak membahayakan. Demodex bisa makan, merangkak bereproduksi di wajah Anda selama bertahun-tahun tanpa menimbulkan masalah. Namun, ketika mereka berkembang biak di bagian bulu mata Anda, hal ini bisa menyebabkan masalah seperti iritasi dan peradangan.

Menurut para peneliti, Tungau Demodex juga dikaitkan dengan rosacea (peradangan kulit). Para pakar kesehatan memberikan saran sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tungau Demodex.

  1. Gunaka pembersih bulu mata khusus yang mengandung minyak untuk membersihkan bagian kelopak mata.
  2. Bila Anda ragu apakah ada tungau atau tidak di bagian bulu mata Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter
Scroll to top