Mencengangkan! Fakta Tentang 11 Hewan Ini Akan Membuat Anda Terperangah

1. Lidah Paus Seberat Gajah

Selama ini kita tahu bahwa gajah adalah hewan yang paling besar yang ada di daratan saat ini. Coba bandingkan dengan beberapa binatang terbesar di lautan, dan gajah akan terlihat sangat mungil. Fakta mencengangkan adalah rata-rata gajah beratnya sekitar berat rata-rata lidah paus biru. 

2. Penguin Jantan Adalah Mahluk Penyabar 

Penguin jantan adalah hewan yang penyabar. Mereka berada di benua Antartika yang tak kenal ampun dan menunggu sampai dua bulan penuh tanpa makan. Sementara itu, penguin betina pasti pergi dan makan ketika lapar

3. Katak Venomous yang Beracun


Alam dan evolusi kadang-kadang menimbulkan beberapa hal aneh, seperti yang kita lihat pada katak unik ini. Kasus yang sangat menarik adalah katak panah beracun, yang memiliki cukup racun untuk membunuh total sepuluh pria dewasa.

4.  Kura-Kura Galapagos Bisa 'Puasa' Selama 1 Tahun


Kura-kura dianggap sebagai mahluk yang sangat malas dan lambat. Kura-kura Galapagos, yang rata-rata tidur sekitar enam belas jam sehari mungkin dianggap salah satu yang termalas di dunia. Uniknya, kura-kura Galapagos bisa hidup tanpa makanan atau air selama setahun penuh. Sepertinya tidak ada mahluk lain yang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama itu.

5. Anteater yang Serakah

Mahluk pemakan semut ini disebut serakah bukan tanpa alasan. Seekor Anteater dewasa bisa makan hingga 35.000 semut dalam satu hari. Itu hanya seekor Anteater, bayangkan bila mahluk ini jumlahnya ribuan. Berapa juta semut yang mati dalam sehari dimakan oleh mahluk ini?

6. Lalat Berdengung di Kunci F

Bagi Anda yang suka bermain musik, pasti belajar tentang kunci nada. Biasanya kunci nada berawal dari kunci C = do. Nah, ternyata semua hewan lalat rumah selalu berdengung dengan nada yang sama, mereka berdengung di kunci F. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

7. Kupu-Kupu Mencicipi Makanan dengan Kakinya

Anda pasti tidak ingin memiliki kemampuan kupu-kupu ini. Ternyata kupu-kupu bisa mencicipi makanan dengan kaki mereka. Bila selama ini kaki Anda sering berada di dalam kaus kaki tentu baunya tidak sedap dan tidak mungkin Anda mau mencicipi makanan dengan menggunakan kaki.

8. Burung Swift Bisa Terbang Berbulan-Bulan

Burung Swift adalah salah satu burung yang memiliki kemampuan terbang cepat di angkasa. Terlepas dari waktu yang mereka habiskan untuk bersarang, burung ini ternyata menghabiskan sebagian besar hidupnya di udara. Bahkan menurut para peneliti, burung Swift bisa terbang di udara hingga 10 bulan tanpa mendarat. Mereka hanya mendarat ketika menangkap serangga sebagai makanan. 

9. Ikan Mas Bisa Kehilangan Warnanya

Manusia membutuhkan cahaya matahari agar menjaga pigmen kulit kita tetap sehat dan cantik. Ternyata ikan mas juga demikian. Jika ikan mas berada pada tempat yang tidak bercahaya atau cahaya redup dalam waktu yang cukup lama, maka ikan mas akan kehilangan semua warna emas di sisiknya.

10. Burung Kolibri Bisa Terbang Mundur

Ada beberapa spesies burung yang bisa menggerakkan sayap dengan sangat cepat sehingga memungkinkan mereka terbang lebih cepat di udara. Namun, hanya ada satu spesies burung yang mampu bergerak mundur saat terbang, yaitu burung Kolibri.

11. Tupai Memiliki Ingatan yang Luar Biasa

Manusia pasti sering lupa di mana meletakkan sesuatu, misalnya lupa posisi kunci mobil, lupa posisi handphone, dan lupa hal lainnya. Ternyata tupai memiliki daya ingat yang jauh lebih baik ketimbang manusia lho. Seekor tupai bisa mengingat di mana posisi kacang diletakkan, bahkan jika ada 10.000 kacang di tempat yang berbeda tupai bisa mengingatnya dengan baik.
Scroll to top