8 Cara Cepat Kaya ala Orang Tionghoa yang Patut Ditiru

Siapa yang tak ingin menjadi orang kaya dan bergelimang harta? Semua orang pasti mau dong. Bila Anda sedang membaca artikel ini, maka Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang di dunia ini yang mencari informasi tentang bagaimana cara cepat kaya.

Sebenarnya defenisi kaya dan sukses itu berbeda pada masing-masing orang. Tapi yang pasti, untuk bisa dikatakan sebagai orang kaya maka seseorang sudah bisa menikmati hidup dengan memanfaatkan kelebihan finansialnya, bukan hanya sekedar bisa bertahan hidup dengan uangnya tersebut.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang kaya. Ada cara yang tidak halal dan ada cara yang halal. Cara yang tidak halal ini biasanya merugikan orang lain, misalnya korupsi, penipuan, pencucian uang, penggelapan uang, dan banyak cara kotor lainnya. Sedangkan kaya dengan cara halal biasanya melibatkan kerja keras seseorang, komitmen dalam menabung dan berinvestasi, dan hal-hal baik lainnya.

Kalau Anda ditanya, cara mana yang akan Anda pilih untuk menjadi orang kaya? Tentunya Anda memilih cara yang halal ya.

Kita bisa belajar cara menjadi kaya dari orang Tionghoa. Mengapa orang Tionghoa? Karena dari ras mereka lah banyak orang-orang sukses dan kaya bermunculan di seluruh dunia. Dan tentunya ini ada alasannya. Berikut ini ulasannya.

1. Orang Tionghoa Hemat dan Cermat Mengelola Uang

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa orang Tionghoa adalah orang yang pelit, bahkan untuk keluarganya sendiri mereka sangat perhitungan. Tentu ada alasan dibalik hal tersebut, mengapa mereka terlihat pelit?

Hemat adalah sesuatu yang sudah mendarah daging di dalam diri orang Tionghoa. Mereka sangat cermat dalam mengeluarkan uang, sehingga pengeluaran sekecil apapun diperhitungkan dan selalu berusaha untuk menabung. Jika kita bisa menabung sebesar 10% - 20% dari penghasilan bulanan, maka mereka bisa menabung 50% - 70% dari penghasilan bulanan mereka. Luar biasa bukan.

2. Selalu Memikirkan Masa Depan

Anak-anak orang Tionghoa cenderung lebih cepat berpikir dewasa ketimbang ras lain. Ini karena sejak kecil mereka sudah dididik untuk menjadi orang yang mandiri dan berpikir tentang masa depannya.

Banyak dari antara kita yang berprinsip "hidup itu apa yang kita jalani sekarang, masa depan akan ada waktunya nanti". Berbeda dengan orang Tionghoa, mereka sangat khawatir dengan sesuatu yang tidak pasti tentang masa depan mereka. Karena itulah mereka sangat giat untuk mempersiapkan masa depan mereka sebaik mungkin agar bisa merasakan hidup yang lebih nyaman.

3. Paham Cara Membuat Uang Bertumbuh

Orang Tionghoa sangat suka berbisnis dan berdagang, Anda pasti bisa melihat sendiri. Perhatikan toko-toko atau tempat usaha di sekitar Anda, pasti akan menemukan usaha milik orang Tionghoa. Mereka mengerti bisnis apa yang cocok di sebuah lokasi dan menjadi pionir di bisnis tersebut.

4. Bisnis Mereka Mengejar Jumlah

Ketika mereka berbisnis, mereka tidak mengejar untung besar untuk satu penjualan. Yang mereka lakukan adalah mengejar jumlah penjualan yang banyak dengan mengambil keuntungan yang tidak terlalu besar.

Mengapa hal ini mereka lakukan? Orang Tionghoa paham bahwa kebanyakan orang lebih mencari harga yang murah. Ketika orang membeli sesuatu dari usaha mereka maka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan tetap akan semakin besar. Inilah yang membuat usaha mereka tetap berjalan.

5. Orang Tionghoa Tidak Suka Berhutang

Tidak suka berhutang bukan berarti tidak pernah berhutang sama sekali. Pasti ada banyak orang Tionghoa yang berhutang, tapi hutang tersebut adalah hutang produktif yang digunakan untuk pengembangan usaha atau membuka usaha baru.

Ada banyak orang yang suka meminjam uang demi untuk memenuhi gaya hidup mereka agar tampil seperti orang kaya. Hal ini sangat bertentangan bagi orang Tionhoa. Bagi mereka berhutang itu sebenarnya adalah sebuah aib, dan pilihan terakhir yang akan mereka lakukan jika memiliki masalah keuangan.

6. Orang Tionghoa Suka Membicarakan Uang

Sebagian besar orang pasti sangat sungkan atau risih membicarakan penghasilan mereka, apalagi kalau penghasilannya kecil. Berbeda dengan orang Tionghoa. Mereka cukup terbuka tentang penghasilan mereka, dan sering membicarakan penghasilan itu digunakan untuk apa saja.

7. Orang Tionghoa Pintar Menawar Harga Barang

Saat berbelanja, orang Tionghoa pasti akan menawar barang yang akan dibelinya untuk mendapatkan harga terbaik. Bila Anda adalah salah satu orang yang selama ini malu menawar barang, maka kebiasaan ini jangan diteruskan. Jika barang tersebut bisa ditawar, maka jangan malu untuk menawarnya.

8. Orang Tionghoa Sangat Menghargai Orang Tua dan Guru

Bagi orang Tionghoa, orang tua dan guru adalah orang-orang yang harus dihormati dan dihargai. Siapa yang menghormati dan menghargai orang tua, maka mereka akan mendapatkan kebahagiaan. Hal inilah yang kemudian mendasari mereka memberikan hal-hal terbaik bagi orang tua dan guru mereka.

Bila kita perhatikan delapan poin cara cepat kaya ala orang Tionghoa di atas, tentunya tidak ada yang sulit dan muluk-muluk. Mungkin dengan cara di atas, Anda tidak akan cepat kaya mendadak. Tapi kekayaan dan kebijaksanaan seorang manusia akan datang ke dalam diri Anda seiring berjalannya waktu. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Scroll to top